Friday, September 25, 2015

#2:Ahok Kaget: Anggaran Rotterdam Rp 3,5 T, Jakarta Rp 12,1 T | Metro


berita metro - #2:Ahok Kaget: Anggaran Rotterdam Rp 3,5 T, Jakarta Rp 12,1 T | Metro
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku takjub pada beberapa hal selama melakukan kunjungan kerja di Rotterdam, Belanda. Kunjungan gubernur yang akrab disapa Ahok ini berlangsung empat
hari, 20-24 September 2015. (Baca:
Ini 'Pertanggungjawaban' Ahok ke Rotterdam Belanda)

 Kekaguman Ahok ini terungkap dalam laporannya ke Belanda, yang dipublikasikan di situs resmi miliknya, Ahok.org. Salah satu hal yang membuatnya terkejut adalah kala mengetahui Pemerintah Kota Rotterdam selama lima tahun hanya menghabiskan anggaran sebesar 1 miliar Euro, atau senilai Rp 3,5 triliun.

 “Bandingkan dengan anggaran pendapatan belanja daerah siluman di DKI Jakarta yang mencapai Rp 12,1 triliun,” tulisnya di situs Ahok.org, yang berjudul Laporan Kunjungan Kerja Basuki di Rotterdam Belanda, Kamis, 24 September 2015.

Baca:

Kabut Asap, Pesawat Prabowo 4 Kali Putar di Atas Banjarmasin

Dalai Lama Soal Penggantinya: Jika Wanita, Ia Harus Menarik

 Selain itu, Ahok juga mempertanyakan tentang bias gender yang ada di Indonesia. Pertanyaan itu muncul setelah ia bertemu dengan Melanie Schultz van Haegen-Maas Geesteranus, Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Belanda. Ahok berujar, ibu dari menteri tersebut berdarah Ambon, sementara Menteri Melanie sendiri mendapat gelar doktorandus, lalu pada 2002, sudah menjadi Wakil Menteri. Mengetahui itu, Ahok mengaku heran kenapa di Indonesia, gelar akademis untuk perempuan bukan doktorandus tapi doktoranda.

 Gubernur yang kerap bicara ceplas-ceplos ini juga terkesima saat melihat demokrasi di Belanda memungkinkan seseorang menjadi pemimpin. Ia menyebut nama Ahmed Aboutaleb, pria kelahiran Maroko beragama Islam yang menjadi Wali Kota Rotterdam, Belanda.

 Terakhir, Ahok mengaku merasa geli saat ia mengetahui bus dan trem di Belanda penuh dengan mahasiswa. Ia menebak, para generasi muda ini lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi karena bus dan trem dilengkapi akses Internet.

0 comments:

Post a Comment