Friday, September 25, 2015

#2:Inilah Surga Baru di Kapas Biru - Surya


berita metro - #2:Inilah Surga Baru di Kapas Biru - Surya
DI Pronojiwo, Lumajang selatan, Jawa Timur ini bisa disebut gudangnya wisata air terjun. Di antaranya air terjun Coban Sewu, Kapas Biru, hingga air terjun Goa Tetes Tumpak Sewu, dan Coban Ciblungan.


Uniknya, jarak antara satu air terjun dengan yang lainya cukup dekat. Bisa dijangkau melalui satu jalur, yaitu jalur selatan Lumajang-Malang.

Bila berangkat dari Lumajang cukup mengikuti petunjuk ke arah Malang. Kurang lebih satu km dari pasar Pronojiwo terdapat petunjuk menuju air terjun Kapas Biru.

Rutenya berada di antara air terjun Cuban Sewu dan Goa Tetes. Di sisi kiri jalan menuju Kapas Biru terdapat gang kecil dengan jalan cor, terus masuk hingga tempat parkir.

Nah, dari sini keberanian dan nyali wajib dipersiapkan sebab jalanan sangat curam dan harus ditaklukan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang baru dibuka, sejauh dua km.

Cukup menantang nyali dengan kemiringan jalan 35 hingga 40 derajat, plus mendaki jalan tangga dengan kemiringan 85 hingga 90 derajat. Ekstra hati-hati di jalur ini mengingat areanya superlicin karena banyak mata air di sepanjang jalur ini.

Pada akhirnya semua jerih payah terbayar tunai dengan pesona surga yang dijanjikan di Kapas Biru. Luar biasa indah. Curahan air terjun begitu deras dengan pesona keindahan alam perawan yang mengepung di sekitarnya.

Sangat disayangkan sekali jika harus melewatka air terjun Kapas Biru ketika sudah dijalur selatan Pronojiwo ini.

0 comments:

Post a Comment